Thursday, May 30, 2013

Power of Parent's Love

"Cepatlah besar matahariku
Menangis yang keras janganlah ragu
Tinjulah congkaknya dunia buah hatiku
Doa kami di nadimu"
Galang Rambu Anarki - Iwan Fals

Saya dengar lagu itu saat perjalanan saya menuju Bandung bareng papah. Di mp3 papah saya memang banyak lagu Iwan Fals. Sebenarnya saya sering mendengar lagu itu, tapi baru kali ini saya ngeh  sama liriknya. Ternyata dalem juga. Lagunya tentang sayangnya orang tua ke anaknya. Ya, saat saya resapi liriknya saya sempat berkaca-kaca. Doa orang tua memang nggak pernah putus, bagaimanapun sikap anaknya kepada orang tuanya. Doa orang tua selalu mengalir di nadinya.

Begitupun orang tua saya. Dan orang tua-orang tua lain di luar sana. Banyak (hampir semua) keputusan-keputusan yang saya ambil adalah keputusan mamah sama papah saya juga. Saya memang selalu minta pendapat mereka sebelum saya mengambil keputusan. Bukannya saya nggak bisa memutuskan sendiri, tapi saya salah satu penganut "dimana ada restu orang tua, disana ada restu Allah". Dan untungnya, orang tua saya selalu mendengar pendapat anaknya dulu, baru memutuskan, tidak semata-mata menuntut melakukan keputusan mereka padahal anaknya nggak mau.

Hal-hal penting yang saya lakukan memang selalu melibatkan orang tua saya. Saat saya daftar ulang masuk perguruan tinggi, mamah menemani saya. Padahal saat itu antrian sangat sangat sangat panjang. Dan itu berjam-jam. Mamah setia nungguin saya yang lagi ngantri, entah itu diam di warung atau hanya duduk diam di belakang antrian. Saya bilang mamah untuk pulang duluan, tapi mamah nggak mau, mamah bilang "nungguin teteh beres aja". :')
Dan saat saya interview kerjaan, papah mengantar saya. Saat saya beres, beliau langsung nanya-nanya tentang interviewnya. Memang hal itu terkesan seperti anak SD. Setiap saat didampingi orang tua. But i proud of that. 

Sebenarnya mamah papah saya itu terkesan cuek sama kehidupan anaknya. But it's not. Saya pernah pacaran, dan putus gara-gara diselingkuhin. Mamah saya tau. Waktu saya cerita, mamah cuma menenangkan, nggak ada emosi dari orang tua yang nggak terima anaknya digituin.
Mamah sama papah itu satu paket, saat sayacerita ke mamah, papah pasti tau. Begitupun sebaliknya. Sampe akhirnya papah saya juga tau kalo saya diselingkuhin.
Someday, waktu saya lagi leyeh-leyeh di ruang tv, mamah papah baru pulang abis jalan-jalan dan langsung heboh cerita. Kurang lebih seperti ini ceritanya:

Mamah : "teh teh.. Tadi mamah ketemu mantan kamu yang selingkuh!" (tolong dibaca dengan nada ibu-ibu yang mau gosip di arisan)
Saya : "oiya? Dimana?"
Mamah : "di jalan. Dia naik motor, persis depan mamah. Ku si papah rek ditabrakeun motorna -sama papah mau ditabrak motornya-" (kalo ini, tolong dibaca dengan nada yang penuh kemenangan)

Ngedenger mamah cerita gitu, saya ketawa ngakak. Papah sih mukanya dingin-dingin aja (kalo yang kenal papah saya pasti bisa bayangin ekspresinya).
Dan pernah, belum lama, mantan saya itu ke rumah. Kebetulan saya lagi nggak di rumah dan mamah yang buka pintu. Mamah pun bilang "aduuuhhh..malem minggu mah irma nggak pernah di rumah. Suka jalan-jalan sama calonnya!". Hahahaha. Mom, please, it's almost six years! tapi mamah saya masih keki aja loh :))

Ya, dibalik cueknya mamah sama papah, kalo ada orang yang macem-macem sama anaknya, mereka bakal turun tangan. Secara nggak langsung sih. Tapi saya bisa liat keselnya mamah sama papah waktu itu. Ah, i just love them so much :*





No comments:

Post a Comment