Tuesday, January 15, 2013

(Apalah) Arti Sebuah Nama

Beberapa waktu lalu, saya dapet selembar kertas di kantor. Bukan lembaran penting sih, cuma lembaran buat mendata tanda tangan dan paraf karyawan. Saya cari nama saya. Nama saya ada di urutan tengah. Irma Silviani tertulis disana. Nama saya nggak lengkap, dan nama tengah saya salah (penulisan). Udah 2 tahun saya kerja disana, tapi penulisan nama saya masih aja salah. Saya nggak menyalahkan siapa yang ngetik. Soalnya saya tau, penulisan nama tengah saya lumayan rumit.

Sylviyani. Itu nama tengah saya. S-Y-L-V-I-Y-A-N-I. Sylviyani. Ya, sedikit sulit sih buat ngejanya. Bahkan tanpa saya sadari sampe kira-kira kelas 2 SD, saya salah mengeja nama sendiri. Waktu itu saya ngasih lembar soal UTS (waktu itu namanya masih TPB. Lawas bener ya TPB. Hehe) ke mamah. Bukan nilai ujian yang pertama mamah liat, tapi nama. Nama saya. Nama tengah saya. Saya tulis Irma Silviyani. Mamah bilang itu salah. Terus mamah ngasih tau ejaan nama saya yang benar. Baru dari situ, saya nulis nama saya sesuai dengan akta kelahiran.

Nggak jarang, kalo saya lagi isi formulir atau ngasih data saya secara lisan, saya harus ngeja namanya karena mas-mas atau mba-mba yang nulisnya agak mengerutkan kening. Atau kalo saya lagi dipanggil, untuk absen atau apapun, ada jeda sedikit setelah nama Irma disebut. Makanya kalo ada orang yang nulis nama saya bener, saya udah bisa seneng #bahagiaitusederhana.

Masalah penulisan nama ini emang hal kecil. Hal sangat kecil. Tapi nggak tau kenapa, tiap saya nemu salah penulisan di nama saya, saya kaya bilang "tuh kan, salah kan" #beteitusederhana. Karena menurut saya, salah penulisan, salah nama, ya berarti bukan saya. Mamah papah saya susah-susah bikin spelling yang rumit, eh malah disederhanakan :p

Mamah pernah cerita waktu mamah sama papah nyari nama buat saya. Pertama, nama awal saya. Irma. Kata mamah, waktu itu mamah cuma cari nama yang berawalan ir, supaya namanya matching sama nama kakak laki-laki saya yang berawalan ir juga (Irvan). Akhirnya dipilihlah nama Irma. Kedua, nama tengah saya. Sylviyani. Waktu mamah hamil, mamah hobi banget nonton film Grease dan mamah ngefans banget sama Sandy Olsen yang diperanin Olivia Newton. Akhirnya mamah ambil 3 huruf akhir dari Olivia, dan ditambah 2 huruf (-ni) diakhirnya, supaya ada nama mamah disana (yani). Kalo syl-nya saya juga lupa lagi. Biar enak aja kali ya nyebutnya? Kalo viyani aja kurang bagus. Hehe. Dan terakhir, nama belakang saya, Herdian. Itu nama papah. Nama yang wajib dipake anak-anaknya. Lalu cucu-cucunya. Entah sampai turunan keberapa.

No comments:

Post a Comment